Analisa SWOT Produk Adidas

I. Sekilas Adidas
Visi
Adidas
-
Merek spesialis berbagai peralatan olahraga
Misi
Adidas
-
Menjadi merek peralatan olahraga nomor satu
didunia dengan portofolio produk yang unik dari sports apparel untuk
profesional olahraga hingga fashion premium sehingga dapat memenuhi semua
kebutuhan konsumer dan memperlebar jangkauan pasar dari berbagai sisi.
Adidas
sendiri terbagi atas 3 jenis:
- Adidas Sport Performance
Adidas
Sport Performance sendiri memfokuskan diri pada bagian sports apparel mulai
dari sepatu, baju hingga bola dan peralatan olahraga lain.
Target
konsumen: Atlit, penggemar olahraga.
Key
Focus Categories:
a. Football
b. Basketball
c. Running
d. Training
e. Outdoor

Adidas
Sport Performance Dengan Logo Three Stripes
- Adidas Originals
Adidas
Originals fokus pada pangsa pasar Fashion dan Lifestyle. Adidas sendiri menjadi
brand pertama yang mengukuhkan diri sebagai sports lifestyle brand. Adidas
Originals dengan logo Trifoilnya menjadi bagian yang relevant bagi banyak
kalangan seperti skaters, rockers, seniman, musisi, sneakerheads, dan fans
olahraga.

Adidas
Originals dengan Logo Trifoil
- Adidas Sport Style
Adidas
Sport Style ini menggabungkan antara sports apparel dengan fashion sehingga
membentuk pangsa pasar baru yaitu sports fashion market. Adidas Sport Style
sendiri disebut dengan Adidas Y-3 yang bermaksud Yohji Yamamoto Adidas


Logo
Adidas Y-3 dan Rancangan Sepatu Adidas Y-3
II. Adidas SWOT Analysis
Strength:
·
Posisi finansial yang baik
Hal ini
dibuktikan melalui nilai kontrak yang diberikan oleh Adidas kepada Liverpool
sebesar 25 juta Poundsterling, sedangkan Nike hanya memberikan nilai kontrak
sebesar 23,5 juta Poundsterling kepada MU.
Annual
revenue yang diperoleh Adidas di tahun 2009 adalah 10,30 milliar euro dan 508 juta euro sebagai operating income
mereka dengan total 245 juta euro sebagai keuntungan bersih Adidas.
·
Strategi marketing efektif
Adidas
menggunakan berbagai konsep yang membuatnya menjadi ikon apparel olahraga,
misalnya dengan menggunakan konsep trifoil logo yang memiliki makna semangat
olimpiade. Hal ini seketika membuat Adidas menjadi sepatu resmi yang digunakan
pada even olimpiade seluruh dunia. Adidas juga memiliki berbagai kontrak dengan
banyak klub – klub olahraga, mulai dari rugby hingga sepakbola. Adidas juga
menggaet banyak bintang olahraga untuk dijadikan brand ambassador. Selain
bintang olahraga, Adidas juga menggaet selebriti dunia yang terkenal dikalangan
anak muda, seperti Katy Perry. Adidas juga bekerja sama dengan headphone
Sennheiser dengan membuat headphone dengan rancangan Adidas. Adidas juga
memiliki kontrak 11 tahun untuk menjadi apparel provider seluruh klub NBA.
·
Merek yang kuat
Karena
merek Adidas sudah terbentuk sejak tahun 1920, mnjadikannya merek yang lama
melekat di benak masyarakat.
·
International Operation kuat
Adidas
memiliki team manajemen dengan 39000 ahli manajerial bekerja di seluruh dunia.
·
Rantai distribusi kuat
Outlet
outlet Adidas sudah tersebar diseluruh dunia dan juga tersebar di berbagai
departement store terkemuka.
Weakness:
·
Harga yang terlalu tinggi
Harga
tinggi merupakan pengaruh dari tingginya kualitas yang diberikan. Harga
berkisar mulai dari 250 euro per item.
·
Online booking hanya tersedia di Amerika
Serikat dan Eropa
Pasar utama
Adidas berada di Amerika dan Eropa, karena itulah servis paling lengkap berada
di kedua benua tersebut, termasukservis online shopping. Namun untuk daerah
lainnya, servia ini belum tersedia. Pembeli harus datang ke toko fisik milik
Adidas untuk membeli sepatu yang diinginkan.
·
Online Customer Service kurang bisa membantu
konsumen
Servis
customer melalui online kurang efektif. Selain itu, layanan ini masih kurang
dikenal oleh masyarakat.
Opportunities
·
Adanya inovasi teknologi
Penggunaan
material baru untuk pembuatan sepatu. Adidas tidak lagi menggunakan kulit
kangguru. Selain itu Adidas juga berinovasi dengan meluncurkan headphone DJ
bekerja sama dengan Sennheiser.
·
Memasuki pasar baru
Adidas
terus memperluas pasarnya, mulai dari ekspansi lini produk lain seperti alat
elektronik, fashion apparels dan lain – lain.
·
Memperluas basis konsumen
Adidas
juga terus melakukan ekspansi dengan membuka gerai – gerai di berbagai kota di
berbagai wilayah.
·
Memperpanjang lini dan servis produk
Menambah
fitur-fitur yang dapat memuaskan pelaanggan dengan servis yang diberikan oleh
perusahaan.
Threat
·
Langkah – langkah baru yang akan dilakukan
competitor
Seperti
yang dilakukan oleh Nike dengan peluncuran sepatu sepak bola baru yang
merupakan produksi sepatu Nike paling ringan, tercepat yang pernah dibuat,
serta paling ramah lingkungan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Puma, dengan desain sepatu sepak bola
yang terbaru yang tampak lebih mementingkan penampilan dan
gaya daripada keinginan untuk bermain lebih baik atau mengurangi resiko
cedera
·
Penurunan keadaan financial
Keadaan
ekonomi secara global dapat menjadi factor yang mempengaruhi keputusan calon
pembeli dalam membeli sepatu Adidas. Jika terjadi krisis ekonomi maka,
masyarakat akan lebih mementingkan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih
mendesak, seperti makan, minum, atau rumah. Dibandingkan membeli sebuah sepatu
dengan harga yang cukup mahal.
·
Kenaikan pajak
Fluktuasi
pajak juga dapat mempengaruhi harga jual sepatu. Jika pajak naik, maka harga sepatu
juga akan semakin mahal. Akibatnya, para calon pembeli akan berpikir dua kali
untuk membeli sepatu Adidas atau bahkan berpindah ke merek lain yang lebih
murah. Tentunya hal ini akan menurunkan income bagi perusahaan.
·
Pendatang baru di pasar
Berbagai
merek sepatu setiap tahun bermunculan. Dengan tampilan yang sangat mengikuti
trend jaman sekarang. Pendatang baru dengan mudah masuk ke segmen ini dikarenakan banyaknya pembeli dan
tidak adanya monopoli dalam pasar. Contoh merek sepatu pendatang baru antara
lain League, Diadora, dan And1.
·
Pertarungan harga antar competitor
·
Banyak kompetitor yang memiliki harga yang
cukup bersaing dengan harga produk Adidas. Perbedaan harga yang tidak terlalu
jauh membuat para calon pembeli dapat dengan mudah memilih merek lain bila
harga sepatu dirasa tidak sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar