Kamis, 03 Oktober 2019

Analisa SWOT Produk Adidas


Analisa SWOT Produk Adidas
I. Sekilas Adidas
Visi Adidas
-          Merek spesialis berbagai peralatan olahraga
Misi Adidas
-          Menjadi merek peralatan olahraga nomor satu didunia dengan portofolio produk yang unik dari sports apparel untuk profesional olahraga hingga fashion premium sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan konsumer dan memperlebar jangkauan pasar dari berbagai sisi.
Adidas sendiri terbagi atas 3 jenis:
  1. Adidas Sport Performance
Adidas Sport Performance sendiri memfokuskan diri pada bagian sports apparel mulai dari sepatu, baju hingga bola dan peralatan olahraga lain.
Target konsumen: Atlit, penggemar olahraga.
Key Focus Categories:
a.       Football
b.      Basketball
c.       Running
d.      Training
e.       Outdoor
Adidas Sport Performance Dengan Logo Three Stripes
  1. Adidas Originals
Adidas Originals fokus pada pangsa pasar Fashion dan Lifestyle. Adidas sendiri menjadi brand pertama yang mengukuhkan diri sebagai sports lifestyle brand. Adidas Originals dengan logo Trifoilnya menjadi bagian yang relevant bagi banyak kalangan seperti skaters, rockers, seniman, musisi, sneakerheads, dan fans olahraga.
Adidas Originals dengan Logo Trifoil
  1. Adidas Sport Style
Adidas Sport Style ini menggabungkan antara sports apparel dengan fashion sehingga membentuk pangsa pasar baru yaitu sports fashion market. Adidas Sport Style sendiri disebut dengan Adidas Y-3 yang bermaksud Yohji Yamamoto Adidas
            Logo Adidas Y-3 dan Rancangan Sepatu Adidas Y-3

II. Adidas SWOT Analysis
Strength:
·         Posisi finansial yang baik
Hal ini dibuktikan melalui nilai kontrak yang diberikan oleh Adidas kepada Liverpool sebesar 25 juta Poundsterling, sedangkan Nike hanya memberikan nilai kontrak sebesar 23,5 juta Poundsterling kepada MU.
Annual revenue yang diperoleh Adidas di tahun 2009 adalah 10,30 milliar euro  dan 508 juta euro sebagai operating income mereka dengan total 245 juta euro sebagai keuntungan bersih Adidas.
·         Strategi marketing efektif
Adidas menggunakan berbagai konsep yang membuatnya menjadi ikon apparel olahraga, misalnya dengan menggunakan konsep trifoil logo yang memiliki makna semangat olimpiade. Hal ini seketika membuat Adidas menjadi sepatu resmi yang digunakan pada even olimpiade seluruh dunia. Adidas juga memiliki berbagai kontrak dengan banyak klub – klub olahraga, mulai dari rugby hingga sepakbola. Adidas juga menggaet banyak bintang olahraga untuk dijadikan brand ambassador. Selain bintang olahraga, Adidas juga menggaet selebriti dunia yang terkenal dikalangan anak muda, seperti Katy Perry. Adidas juga bekerja sama dengan headphone Sennheiser dengan membuat headphone dengan rancangan Adidas. Adidas juga memiliki kontrak 11 tahun untuk menjadi apparel provider seluruh klub NBA.
·         Merek yang kuat
Karena merek Adidas sudah terbentuk sejak tahun 1920, mnjadikannya merek yang lama melekat di benak masyarakat.
·         International Operation kuat
Adidas memiliki team manajemen dengan 39000 ahli manajerial bekerja di seluruh dunia.
·         Rantai distribusi kuat
Outlet outlet Adidas sudah tersebar diseluruh dunia dan juga tersebar di berbagai departement store terkemuka.

Weakness:
·         Harga yang terlalu tinggi
Harga tinggi merupakan pengaruh dari tingginya kualitas yang diberikan. Harga berkisar mulai dari 250 euro per item.
·         Online booking hanya tersedia di Amerika Serikat dan Eropa
Pasar utama Adidas berada di Amerika dan Eropa, karena itulah servis paling lengkap berada di kedua benua tersebut, termasukservis online shopping. Namun untuk daerah lainnya, servia ini belum tersedia. Pembeli harus datang ke toko fisik milik Adidas untuk membeli sepatu yang diinginkan.
·         Online Customer Service kurang bisa membantu konsumen
Servis customer melalui online kurang efektif. Selain itu, layanan ini masih kurang dikenal oleh masyarakat.

Opportunities
·         Adanya inovasi teknologi
Penggunaan material baru untuk pembuatan sepatu. Adidas tidak lagi menggunakan kulit kangguru. Selain itu Adidas juga berinovasi dengan meluncurkan headphone DJ bekerja sama dengan Sennheiser.
·         Memasuki pasar baru
Adidas terus memperluas pasarnya, mulai dari ekspansi lini produk lain seperti alat elektronik, fashion apparels dan lain – lain.
·         Memperluas basis konsumen
Adidas juga terus melakukan ekspansi dengan membuka gerai – gerai di berbagai kota di berbagai wilayah.
·         Memperpanjang lini dan servis produk
Menambah fitur-fitur yang dapat memuaskan pelaanggan dengan servis yang diberikan oleh perusahaan.

Threat
·         Langkah – langkah baru yang akan dilakukan competitor
Seperti yang dilakukan oleh Nike dengan peluncuran sepatu sepak bola baru yang merupakan produksi sepatu Nike paling ringan, tercepat yang pernah dibuat, serta paling ramah lingkungan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Puma, dengan desain sepatu sepak bola yang terbaru yang tampak lebih mementingkan penampilan dan gaya  daripada keinginan untuk bermain lebih baik atau mengurangi resiko cedera
·         Penurunan keadaan financial
Keadaan ekonomi secara global dapat menjadi factor yang mempengaruhi keputusan calon pembeli dalam membeli sepatu Adidas. Jika terjadi krisis ekonomi maka, masyarakat akan lebih mementingkan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih mendesak, seperti makan, minum, atau rumah. Dibandingkan membeli sebuah sepatu dengan harga yang cukup mahal.
·         Kenaikan pajak
Fluktuasi pajak juga dapat mempengaruhi harga jual sepatu. Jika pajak naik, maka harga sepatu juga akan semakin mahal. Akibatnya, para calon pembeli akan berpikir dua kali untuk membeli sepatu Adidas atau bahkan berpindah ke merek lain yang lebih murah. Tentunya hal ini akan menurunkan income bagi perusahaan.
·         Pendatang baru di pasar
Berbagai merek sepatu setiap tahun bermunculan. Dengan tampilan yang sangat mengikuti trend jaman sekarang. Pendatang baru dengan mudah masuk ke  segmen ini dikarenakan banyaknya pembeli dan tidak adanya monopoli dalam pasar. Contoh merek sepatu pendatang baru antara lain League, Diadora, dan And1.
·         Pertarungan harga antar competitor
·         Banyak kompetitor yang memiliki harga yang cukup bersaing dengan harga produk Adidas. Perbedaan harga yang tidak terlalu jauh membuat para calon pembeli dapat dengan mudah memilih merek lain bila harga sepatu dirasa tidak sesuai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar