Sabtu, 02 November 2019

Strategi Pemasaran Internasional dan Analisa Kelemahan Kelebihan Adidas


STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL PRODUK ADIDAS
(Business Lounge – Manage Your Business) Adidas melakukan lima perubahan yang drastis untuk memenangkan kembali pelanggannya yang hilang diambil oleh pesaingnya Nike dan Under Armour. Penjualan Adidas turun sebanyak 23 persen tahun lalu menjadi 1,1 milyar dolar AS dan menurut laporan Wall Street Journal iniUnder Armour perusahaan sepatu asal Baltimore melewati Adidas dengan kenaikan penjualan hingga 20 persen sebesar 1,2 milyar dolar AS. Sedangkan Nike masih memimpin di depan dengan nilai penjualan sebesar 8,9 milyar dolar AS pada tahun yang sama.
Adidas mengharapkan keuntungannya akan bertumbuh sebesar 15 persen setiap tahunnya hingga tahun 2020 dan penjualannya bertumbuh menjadi 24 milyar dolar pada tahun 2020. Demikian seperti yang dilaporkan oleh Reuter pada Kamis 26 Maret 2015 yang lalu. Beberapa strategi Adidas untuk mewujudkan impiannya ini adalah:
·         Strategi pertama, Adidas menggunakan robot di pabriknya, bahkan di toko untuk membuat sepatu, dan juga akan memindahkan produksinya dari Asia ke Eropa dimana pasar Adidas berada, begitu disampaikan oleh Chief Executive Adidas, Herbert Hainer kepada Reuters. Setiap pelanggan bisa menuliskan nama dan logonya pada sepatu kesayangannya. Visi tahun 2020 Adidas adalah perusahaan akan sepenuhnya automated.
·         Strategi kedua Adidas adalah mengurangi waktu yang diperlukan untuk menghasilkan produk. Biasanya dari desain sampai ke toko perlu 18 bulan, namun sekarang akan dikurangi menjadi 6 bulan saja. Hal ini dilakukan dengan mendekatkan produksi ke pasar.
·         Strategi ketiga Adidas adalah menambahkan “American flavor” pada produk-produknya. Adidas membuka studio pertamanya di Brooklyn tahun ini dan meng-hijack tiga desainer Nike untuk menjalankan studio.
·         Strategi keempat, Adidas akan membuka ratusan toko-toko baru di enam kota utama termasuk Los Angeles, New York, London, Paris, Shanghai and TokyoJika mereka memenangkan New York dan Los Angeles, mereka aka memenangkan Amerika.

·         Strategi kelima, Adidas akan dengan agresif memberikan sponsor kepada banyak atlit, sebagaimana Nike selalu melakukannya. Adidas menyediakan 36 juta dolar AS setiap tahunnya untuk NBA dan akan melipatgandakan investasinya hingga tahun 2020. Adidas tertinggal di belakang Nike pada  jumlah pemain yang disponsori dan ketenaran pemain yang disponsori. LeBron James dan Kevin Durant, dua penjual sepatu tertinggi di liga NBA, keduanya disponsori oleh Nike. Begitu juga Anthony Davis, yang secara luas dianggap sebagai calon pemain terbaik di dunia berikutnya. Kobe Bryant, Chris Paul, Russell Westbrook, James Harden, dan Carmelo Anthony juga disponsori oleh Nike dan Jordan Brand.



KEKUATAN DAN KELEMAHAN PRODUK ADIDAS

Kekuatan ( Strength ):
·         Posisi finansial yang baik
Hal ini dibuktikan melalui nilai kontrak yang diberikan oleh Adidas kepada Liverpool sebesar 25 juta Poundsterling, sedangkan Nike hanya memberikan nilai kontrak sebesar 23,5 juta Poundsterling kepada MU.
Annual revenue yang diperoleh Adidas di tahun 2009 adalah 10,30 milliar euro  dan 508 juta euro sebagai operating income mereka dengan total 245 juta euro sebagai keuntungan bersih Adidas.
·         Strategi marketing efektif
Adidas menggunakan berbagai konsep yang membuatnya menjadi ikon apparel olahraga, misalnya dengan menggunakan konsep trifoil logo yang memiliki makna semangat olimpiade. Hal ini seketika membuat Adidas menjadi sepatu resmi yang digunakan pada even olimpiade seluruh dunia. Adidas juga memiliki berbagai kontrak dengan banyak klub – klub olahraga, mulai dari rugby hingga sepakbola. Adidas juga menggaet banyak bintang olahraga untuk dijadikan brand ambassador. Selain bintang olahraga, Adidas juga menggaet selebriti dunia yang terkenal dikalangan anak muda, seperti Katy Perry. Adidas juga bekerja sama dengan headphone Sennheiser dengan membuat headphone dengan rancangan Adidas. Adidas juga memiliki kontrak 11 tahun untuk menjadi apparel provider seluruh klub NBA.
·         Merek yang kuat
Karena merek Adidas sudah terbentuk sejak tahun 1920, mnjadikannya merek yang lama melekat di benak masyarakat.
·         International Operation kuat
Adidas memiliki team manajemen dengan 39000 ahli manajerial bekerja di seluruh dunia.
·         Rantai distribusi kuat
Outlet outlet Adidas sudah tersebar diseluruh dunia dan juga tersebar di berbagai departement store terkemuka.


Kelemahan ( Weakness ):
·         Harga yang terlalu tinggi
Harga tinggi merupakan pengaruh dari tingginya kualitas yang diberikan. Harga berkisar mulai dari 250 euro per item.
·         Online booking hanya tersedia di Amerika Serikat dan Eropa
Pasar utama Adidas berada di Amerika dan Eropa, karena itulah servis paling lengkap berada di kedua benua tersebut, termasukservis online shopping. Namun untuk daerah lainnya, servia ini belum tersedia. Pembeli harus datang ke toko fisik milik Adidas untuk membeli sepatu yang diinginkan.
·         Online Customer Service kurang bisa membantu konsumen
Servis customer melalui online kurang efektif. Selain itu, layanan ini masih kurang dikenal oleh masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar